Pendekatan Pendidikan Karakter terhadap Remaja pada masa Pubertas

Depok, 6 April 2019, Karakter anak merupakan wujud dari pendidikan yang ditanamkan orang tuanya. Mendidik anak yang tumbuh pada fase pubertas haruslah seimbang antara kedewasaan, biologis, psikologis, dan sosial.

Menanamkan pendidikan tersebut haruslah dengan pendampingan orang tua, Pentingnya keberadaan dan peran Orang tua di rumah yaitu sang Ayah memberikan nilai kognitif pada anaknya sehingga anak berani dan bertangung jawab. Sementara sang Ibu memberikan empati pada anaknya sehingga anak peka terhadap situasi dan kondisi yang sedang ia hadapi.

Al Qur’an mengajarkan dalam surah Luqman, ketika Luqman mendidik anaknya untuk tidak menyekutukan Allah, Taat kepada Allah, hormat patuh kepada orang tua, serta bertutur kata lembut pada anak.
Sebagai orang tua kita harus ingat bahwa dalam proses perkembangannya anak perlu pembimbingan dan pendampingan secara benar.

Masa pubertas adalah seperti masa topan dan badai serta stres, karena mereka telah memiliki keinginan bebas untuk menentukan nasib atau hal-hal secara sendiri, jika terarah dengan baik maka dia akan menjadi individu yg baik dan memiliki rasa tanggung jawab, tetapi jika dia tidak terbimbing dengan baik maka dia bisa menjadi seseorang yangg tidak memiliki masa depan.

Sebagai orang tua memang banyak kendala yang harus kita hadapi ketika anak mengalami pubertas, mulai dari kesibukan orang tua yang tinggi, membiarkan anak tumbuh kembang sendiri, minimnya pengetahuan orang tua, kurangnya ilmu Agama, sampai kurangnya komunikasi terhadap anak.
Menghadapi hal tersebut orang tua harus siap ketika anak mengalami masa pubertas dengan pendampingan yang telah diajarkan Al Qur’an seperti Luqman mengajarkan anaknya.

Ketika anak mendapat masalah atau berbuat kesalahan, sebagai orang tua sebaiknya kita mendengarkan penjelasan anak terlebih dahulu sebelum menindaklanjutinya, karena anak ingin sekali didengar curahan hatinya kepada orang tuanya. Mulai sekarang, mari kita jalin komunikasi yang berkualitas antara orang tua dan anak serta menanamkan pendidikan agama sejak dini, bagaimanapun juga iman yang kuat adalah benteng terbaik dalam menghadapi gejolak masa pubertas .

(Rangkuman Kajian Islamic Parenting “Pendekatan Pendidikan Karakter terhadap Remaja pada masa Pubertas” oleh Guru SMA AL HASRA dengan Narasumber Dr. Rohimi Zamzam, S.Psi, SH, M.Pd )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *