Pelatihan Konseling Guru SMA Al Hasra


Pada hari Sabtu tanggal 13 April 2019, SMA Al Hasra mendapatkan pelatihan Konseling yang di fasilitasi oleh yayasan Al Hasra. Kegiatan ini diikuti juga oleh lembaga yayasan Al Hasra SMP dan SMK.

Pelatihan ini dilakukan dalam 3 sesi. Sesi pertama diisi dengan materi pengantar Konseling oleh ibu Anisia Kumala Masyhadi M.Psi seorang psikolog yang juga merupakan dosen fakultas psikologi UHAMKA. Di dalam materi ini pemateri menyampaikan bahwa konseling itu merupakan kegiatan saling berkomunikasi antara konselor dan klien (siswa/orang tua siswa), guna membantu klien menemukan solusi permasalahannya. Dalam hal ini konselor (guru) hanya sebagai fasilitator klien dalam menentukan solusi permasalahannya.

Sesi ke dua di isi dengan materi keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang konselor yang diisi oleh ibu Anisia Kumala dan Ibu Dewi Trihandayani. Penyampaian materi di kemas dengan komunikasi yang sangat aktif. Berdasarkan penjelasan pemateri seorang konselor harus memiliki rasa percaya diri, rasa empati, mendengarkan, dan kemampuan untuk menggali permasalahan klien, tanpa harus memberikan nasehat dan solusi di awal. Solusi dapat diberikan jika klien sudah tidak bisa menemukan solusi dari permasalahannya.

Sesi ke tiga di isi dengan praktek. Peserta pelatihan secara sukarela maju ke depan untuk melakukan praktek konseling, ada yang berperan sebagai konselor dan ada yang berperan sebagai klien. Ada dua pasang yang maju mempraktekkan materi yang sudah diajarkan. Menurut penilaian pemateri, apa yang dilakukan praktikan sudah menggambarkan proses konseling.

Ibu Anisia Kumala berpesan dalam melakukan konseling perlu latihan dan proses sampai nanti guru dan siswa dapat melakukan konseling secara nyaman dan terbuka. Dari kegiatan ini yayasan Al Hasra berharap guru yg mengikuti kegiatan ini bisa mengamalkan ilmu yg didapat kepada siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *