Keislaman

Pendidikan paling mendasar yang wajib dimiliki oleh seluruh peserta didik SMA Al Hasra adalah penanaman karaktek dan budi pekerti Islam.
Sesuai dengan Visi SMA Al Hasra yaitu “Mewujudkan lulusan yang berkepribadian Islami, Berprestasi, dan Berwawasan Global, serta misi yayasan Al Hasra ke depan yaitu menuju “Global Islamic School”, maka SMA Al-Hasra menyiapkan program unggulan keagamaan guna mempersiapkan lulusan yang berkarakter Islami.
Kegiatan Keislaman yang telah dilaksanakan di SMA Al Hasra adalah sebagai berikut :

A. Peningkatan Kemampuan Baca Al Qur’an

  1. Melaksanakan T-Qur’ani dalam kelompok sesuai kemampuan siswa
  2. Hafalan juz 30 dan surat-surat pilihan dengan sertifikat dari sekolah
  3. Memfasilitasi bimbingan kepada siswa yang sudah  hafal lebih dari 5 juz untuk ikut pendaftaran PTN lewat jalur tahfiz

B. Pembentukan Karakter Keislaman

  1. Melaksanakan Spiritual Camp untuk pemantapan dasar-dasar kepemimpinan dan keagamaan.
  2. Menyiapkan Buku Agenda Pelajar Muslim sebagai panduan pembiasaan kegiatan keislaman dan alat kontrol kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan ibadah dan mematuhi tata tertib sekolah
  3. Menambahkan pembelajaran Budi Pekerti Islam (BPI). Dalam pembelajaran BPI, siswa dididik menjadi generasi yang akrab dengan nilai-nilai keislaman, berlatih menjadi imam sholat dalam keluarga dan masyarakat, berpartisipasi dalam kegiatan keislaman di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal dan lain-lain.

C. Pembiasaan Kegiatan Keislaman

  1. Tadarus Al Qur’an bersama
  2. Sholat Dhuha
  3. Alhasra Mubaligh yaitu kegiatan kultum yang terjadwal untuk seluruh siswa secara bergiliran
  4. Shalat Dzuhur dan Ashar berjama’ah
  5. Hafala Dzikir dan do’a sesudah sholat
  6. Ismail Muda yaitu pembelajaran berkurban bagi siswa dengan melibatkan siswa sebagai panitia kegiatan Idhul Adha
  7. Gerakan Rp 500,- per hari yang dikenal dengan G-500, yaitu suatu kegiatan dengan berinfaq 1 hari Rp 500,- dengan menyisihkan sedikit dari uang jajan siswa. Setiap kelas akan memiliki 1 keluarga dhuafa yang akan mendapat bantuan dari kelas tersebut secara berkala. Diharapkan dengan kegiatan ini, menanamkan budaya infaq dan shodaqoh bagi siswa
  8. Melaksanakan kegiatan peringatan hari besar Islam (Tahun baru Islam, Isra’mi’roj, Maulid Nabi, Ramadhan, Idhul Fitri, Idhul Adha)
  9. Melaksanakan kegiatan Home Reciting (Pengajian Kelas)sebaga ajang silaturahim dengan orang tua siswa serta ajang untuk mengaktulisasi kemampuan siswa dalam menyelenggarakan kegiatan keislaman
  10. Melaksanakan Islamic Parenting bagi orang tua siswa, yang bertujuan untuk memberikan wawasan keislaman yang lebih luas bagi orang tua siswa

Dengan pembiasaan tersebut di atas diharapkan kelak akan menjadi budaya yang membekas dalam diri peserta didik dan akan terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah , maupun di masyarakat